Docotel Official Blog

Perpaduan Google Maps Dan Augmented Reality

Google Maps, layanan peta digital yang dihadirkan oleh perusahaan teknologi raksasa yaitu Google mengungkapkan bahwa mereka akan dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR). Fitur tambahan ini diungkapkan pada ajang “Google I/O” 2018 yang diselenggarakan di Mountain View, Amerika Serikat.

Google menyebutkan bahwa di masa depan, peta digital akan semakin didukung oleh teknologi visual yang diistilahkan “Visual Positioning System” atau VPS. Teknologi ini dapat menggabungkan antara teknologi AR, Street View dan sistem navigasi yang dimiliki Google Maps.

VPS memperluas fungsi dari Google Maps dan sensor kompas, melibatkan kamera smartphone yang digunakan untuk mengidentifikasi komponen visual yang ada di sekitar pengguna. Dengan begitu, navigasi dengan menggunakan smartphone akan terasa lebih nyata.

Saat pengguna memasukan tujuan pada Google Maps dan meminta arahan, tampilan peta yang kaku serta titik biru tak lagi muncul di layar smartphone anda. Tampilan layar akan berubah menjadi gambar layar yang sebenarnya yang dilengkapi dengan berbagai informasi seputar tempat menarik yang berada di sekitar rute yang anda tempuh.

Yang menarik, navigator yang akan menunjukan rute perjalanan anda berupa animasi yang menggemaskan, jadi pengguna akan merasa dituntun oleh makhluk nyata.

Sebenarnya, Google Maps yang berbasis teknologi AR bukan sebuah wacana baru. Sejak ajang Google I/O sebelumnya, pihak Google sudah membocorkan soal inovasi tersebut. Namun, spesifikasi smartphone menjadi penyebab Google Maps dengan AR ini belum bisa dirilis. Kini, Google Maps dengan AR telah dilengkapi dengan VPS 2.0 yang dapat diterapkan pada hampir seluruh ponsel Android.

Rencananya, Google akan meluncurkan teknologi ini dalam beberapa bulan kedepan. Belum diketahui waktu pasti untuk pelincuran teknologi ini. Ditunggu saja, yuk!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed