Docotel Official Blog

Berhati-hatilah, Malware Roaming Mantis Mengincar Korban yang SeringPakai Wi-Fi Gratisan

Apakah kalian sering menggunaka Wi-Fi Publik ? jika iya, mulai dari sekarang berhati-hatilah. Menurut riset yangdilakukan oleh Kaspersky baru-baru ini mengungkapkan kalau Wi-Fi Publik itu ternyata beresiko “menularkan” Malware berbahaya yang bernama RoamingMantis.

-

Sumber : Liputan6.com

Menurut data yang kami himpun dari berbagai sumber cara kerja *malware*ini sangat mudah menyerang smartphone korban dengan menyusupi router. Dimana saat smartphone korban terhubung ke jaringan router Wi-Fi Publik maka smartphone tersebut sudah terinfeksi malware.

Keterangan yang kami himpun dari Kaspersky Lab melalui media Tekno Liputan6.com pada Jumat (11/05/2018) malware ini bekerja begitu cepat dan bisa mencuri informasi pengguna dari smartphone android umumnya. Lebih lanjut, Kaspersky menjelaskan bahwa hacker bisa mencuri router yang lemah dengan celah keamanan, dimana mereka melakukan pendistribusian malware melalui trik khusus dengan melakukan pembajakkan DNS (Domain Name System) dari router yang diserang, namun untuk saat ini metode penyerang router belum diketahui.

Ketika DNS (Domain Name System) dibajak, maka ketika melakukan akses terhadap situs web, maka si smartphone korbanakan dialihakan ke tautan yang seolah-olah terlihat asli dengan konten palsu dari server penyerang. Apakah kalian pernah mendapatakan tulisan “Untuk pengalaman browing yang lebih baik, segera perbaharui Chrome kamu”. Semakin kalian percaya, dan mengklik tautan tersebut maka akan memicu instalasi aplikasi Trojan dengan berbagai nama seperti “*facebook apk*” atau “*chromeapk*” yang menjadi backdoorAndroid penyerang.

-

Sumber :Infokomputer.com

Dalam riset Suguru Ishimaru, Security Researcher Kasersky Lab Jepang, mengklaim bahwa Malware Roaming Mantis ini sebagai ancaman serius yang aktif dan dapat berkembang secara cepat. Penyebaran Malware ini sudah menyebar lebih dari 150 jaringan yang berlokasi di Korea Selatan, Bangladesh, dan Jepang pada periode Februari-April 2018. Selain itu, riset juga memperlihatkan beberapa kode malware yang ke aplikasi mobile banking populer. Indikasi tersebut menunjukkan karena adanya motif dalam mengambil keuntungan finansial yang besar.

Ternyata seram juga ya, sudah seharusnya kita lebih aware terhadap perangkat smartphone dan tidak sembarangan meminta akses Wi-Fi Publik yang sekiranya kita belum mengenal keamanan tempat tersebut.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed