Docotel Official Blog

10 Profesi Wanita Di Bidang IT Yang Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi banyak melahirkan profesi baru di bidang IT yang tidak terlepas dari tujuaan utamanya yaitu semakin memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Munculnya bidang IT yang baru juga memunculkan profesi baru di bidang IT yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian masing-masing, serta peranan perempuan di bidang IT tidak bisa dipandang sebelah mata.
Di eranya kita mengenal perempuan hanya berprofesi sebagai sekretaris, keungan, marketing, perancang busana, tata boga, serta profesi yang di identik sama perempuan. Pada hakekatnya perempuan dalam dunia kerja mereka memiliki keterbatasan baik dari segi tenaga, maupun dibatasi oleh suaminya. Buat perempuan yang memiliki keahlian dibidang tertentu tapi mayoritas di kuasai oleh laki-laki pasti suka minder dan pesimis contohnya bidang IT, namun perempuan sekarang sudah mulai bermunculan dibidang IT bahkan sudah memiliki jabatan tertinggi di perusahaanIT.

Beriku tini merupakan 10 Profesi Wanita di Bidang IT yang tidak bisa dipandang sebelah mata yang bisa kalian jadikan motivasi jika ingin berkecimpung di dunia IT.

1. IT Project Manager

PM

Project manager adalah orang yang memiliki tanggung jawab keseluruhan arah koordinasi, implementasi, pelaksanaan, pengendalian dan penyelesaian proyek-proyek tertentu, serta memastikan konsistensinya dengan strategi, komitmen, dan tujuan perusahaan.

2. Sistem Analyst

System Analyst

Sistem analis adalah orang yang memiliki keahlian dibidang analisa suatu sistem yang akan di implemenatsikan, mulai dari menganalisa sistem yang sedang berjalan maupun sistem yang akan dibuat serta melakukan penganalisaan kelebihan dan keurangan suatu sistem, sampai melakukan studi kelayakan sistem ini layak atau tidaknya untuk digunakan secara masal.

3. Software Engineer

Engineer

Software engineer adalah orang yang memiliki keahlian untuk memproduksi perangkat lunak dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Profesi sebagai software engineer ini harus bisa menguasai keahlian sebagai programmer dan sistem analis serta menguasai metode pengembangan software.

4. Database Administrator

Database Adm

Database administrator adalah orang yang memiliki keahlian untuk mendesain, mengimplementasikan, memelihara dan memperbaiki database. Tugas sebagai database administrator adalah mampu menganalisa dan mengelola database serta mengkonfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator.

5. Web Designer

Web Designer

Web designer adalah orang yang memiliki keahlian dalam membuat design atraktif dan menarik untuk situs serta design untuk kepentingan promosi situs visual. Profesi sebagai web designer harus bisa mendesign serta harus memastikan tampilan gambar berfungsi ketika ditambahkan bahasa pemograman.

6. Network Engineer

Engineer

Siapa bilang profesi sebagai network engineer itu hanya laki-laki saja ? Di era milineal sekarang ini banyak profesi yang berkaitan teknik yang biasanya dikerjakan laki-laki sekarang dikerjakan oleh perempuan. Network engineer adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer sampai maintenance sampai pada *troubleshootingn*nya. Tugas sebagai network engineer ini membuat jaringan untuk perusaan atau instansi, mencegah dan mengatur email, anti spam dan virus protection.

7. IT support

IT Support

IT support merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti melakukan intalisasi software, melakukanperbaikan hardware dan membuat jaringan komputer.

8. Technical sales

Tech Sales

Technical sales merupakan hal yang berkaitan dengan produk yang akan dijual. Technical salesini perlu mempunyai orang yang mengerti produk yang akan dijual secara teknis. Untuk profesi ini tidak hanya memiliki bakat menjual produk saja melainkan bisa memahami produk yang akan dijual.

9. Technical writer

Tech Writer

Technical writer adalah orang yang berkaitan dengan tulis menulis dokumentasi dari software/product yang dibuat. Menjadi seorang tecnical writter harus memiliki kemampuan menulis yang baik , dan harus mahir menggunakan word processor serta mengerti segala permasalahan yang berkaitan dengan dunia IT.

10. Quality Assurance

QA

Quality assurance adalah orang bertugas memastikan bahwa produk yang dibuat sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Jadi quality assurance ini orang yang paling menentukan layak atau tidaknya suatu produk untuk release atau belum. Sebagai quality assurance harus paham konsep sebuah kodingan juga.

Dalam dunia kerja wanita dan pria memiliki peranan penting bagi suatu organisasi, yang terpenting untuk saat ini wanita indonesia sudah mulai berkiprah dan berkarya di bidang IT yang perlu kita dukung tanpa melihat dari berbagai sudut pandang.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed